Kisah Siswa Amerika Belajar Budaya Indonesia, Penasaran dengan Mie Instan

YOGYA, KRjogja.com – Meski pandemi virus corona masih berlangsung, dua siswa Amerika ini ternyata masih semangat untuk belajar budaya Indonesia.

Mereka adalah Willa Nell Luna Kleiner, siswa University High School di Tucson, Arizona dan Nicholas Alexander Isaac Tidwell siswa di CK McClatchy High School, Sacramento, California.

Keduanya mengikuti program National Security Language Initiative for Youth (NSLI-Y) yang diinisiasi oleh pemerintah Amerika Serikat melalui kedutaan besar.

Di Indonesia, program ini bekerjasama dengan Yayasan Bina Antarbudaya. Jika tidak ada pandemi, para siswa yang tergabung dalam program itu seharusnya bisa ke Yogyakarta untuk belajar budaya.

“Saya suka belajar tentang budaya dan bahasa serta suka melihat bagaimana budaya mengubah dunia,” ungkap Kleiner dalam wawancara daring via YouTube At America, Sabtu (8/8/2020). Ia menjelaskan dirinya mulai memahami budaya Indonesia setelah enam minggu mempelajari tentang itu di program NSLI-Y.

“Saya tahu bahasa Indonesia yang mempersatukan bangsa. Saya heran melihat keragaman dalam satu negara dan ingin mempelajarinya,” tambah Kleiner dengan bahasa Indonesia yang cukup lancar. Kleiner tidak hanya belajar bahasa, ia juga berusaha untuk memasak makanan Indonesia.

BERITA REKOMENDASI