Kisah Spionase Snowden Difilmkan

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Sineas kenamaan Amerika Serikat, William Oliver Stone yang terkenal lewat film-film yang diadaptasi dari kisah nyata ini akan menyajikan karya terbarunya yang diberi judul ‘Snowden’. Sesuai judulnya, film yang akan tayang di bioskop AS pada Jumat 16 September itu menceritakan perjalanan hidup Edward Snowden yang kini hidup dalam pelarian di Moskow, Rusia karena telah membocorkan data intelijen AS (NSA) tiga tahun lalu.

Pemutaran film ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi pemerintah AS, khususnya Presiden Barack Obama untuk memahami maksud Snowden tega mengungkap rahasia negara dan memaafkan dia. Stone mengungkap, pemuda 33 tahun itu sebenarnya adalah seorang patriot, yang cinta tanah airnya. Meskipun sudah lari ke Rusia, yang dianggap rival terkuat AS, tetapi dia bersikap keras hati terhadap negara itu.

“Snowden berbeda dengan pendiri Wikileaks Julian Assange. Ed (panggilan Snowden) orangnya lurus. Dia cinta negaranya, Amerika Serikat dan ingin pulang ke rumahnya di sini. Dia seorang patriot yang hanya ingin memperbaiki apa yang salah pada negaranya,” terangnya.

Stone meyakinkan sebutan pengkhianat jelas tidak cocok disematkan pada tokoh insiprasinya kali ini. Berbeda dengan Assange yang memandang AS sebagai kaisar dunia yang mengancam. Sehingga aksinya didasari rasa ingin melawan dan menjatuhkan negara ini.

Film ini diangkat ke layar lebar dari sebuah buku berjudul ‘The Snowden Files’ yang ditulis oleh Luke Harding, dikombinasikan dengan buku ‘Time of the Octopus’ karya Anatoly Kucherena. Pemainnya antara lain, Joseph Gordon-Levitt yang akan memerankan sang tokoh utama, Shailene Woodley, Melissa Leo dan Nicolas Cage. (*)

BERITA REKOMENDASI