Klaim Temukan Vaksin Corona, India Bakal Produksi Massal September

KANDIDAT terdepan untuk vaksin virus corona (COVID-19) telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam uji coba hewan, dan diperkirakan akan dapat mulai diproduksi massal di India dalam beberapa bulan mendatang.

The Serum Institute of India (Serum), pembuat vaksin terbesar di dunia berdasarkan volume, pada Selasa (28/4/2020) mengatakan bahwa tahun ini mereka merencanakan untuk memproduksi hingga 60 juta dosis vaksin potensial yang dikembangkan oleh Universitas Oxford, yang sedang dalam uji klinis di Inggris.

Pimpinan Eksekutif Serum, Kata Adar Poonawala mengatakan, meski kandidat vaksin, yang dinamakan sebagai “ChAdOx1 nCoV-19”, belum terbukti bekerja melawan Covid-19, produsen vaksin itu memutuskan untuk mulai memproduksinya karena telah menunjukkan keberhasilan dalam uji coba hewan dan telah berkembang untuk diujikan kepada manusia.

Menurut laporan New York Times, enam kera rhesus telah diinokulasi dengan kandidat vaksin itu di Laboratorium National Institutes of Health di Rocky Mountain, Montana, Amerika Serikat (AS) bulan lalu.

BERITA REKOMENDASI