Kode Keras Trump, Larang Maskapai China Mendarat di Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Perseteruan antara Amerika dan China terus berlanjut. Kali ini saling larang terhadap maskapai penerbangan dilakukan Donal Trump maupun Xi Jinping.

Sebelumnya China menghentikan izin operasional sejumlah maskapai AS di China seperti United Airlines dan Delta Air Lines. Larangan itu secara kontan dibalas Trump dengan memerintahkan penangguhan operasional seluruh maskapai penerbangan China di Amerika Serikat terhitung mulai, Rabu (03/06/2020).

“Maskapai penerbangan AS telah meminta izin untuk memulai kembali layanan penumpang mulai 1 Juni. Kegagalan pemerintah China untuk menyetujui permintaan perusahaan merupakan pelanggaran terhadap Perjanjian Transportasi Udara kedua belah pihak,” tulis Departemen Transportasi Amerika (DOT) dalam pernyataannya.

Penangguhan ini berlaku untuk tujuh maskapai penerbangan China, meski selama ini hanya empat perusahaan yang membuka layanan penerbangan ke kota-kota di Amerika. DOT menuturkan maskapai-maskapai itu termasuk Air China dan China Eastern Airlines.

DOT mengatakan penangguhan itu berlaku mulai 16 Juni namun bisa dipercepat jika Trump memerintahkannya. (*)

BERITA REKOMENDASI