Konferensi Kelautan Dunia, Luhut Jadi Wakil Asia Pasifik

JAKARTA,KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan terpilih menjadi Wakil Presiden dalam Konferensi Kelautan Dunia PBB. Sedangkan PM Fiji Frank Bainamarama dan Wakil Perdana Menteri Swedia Margot Wallstrom terpilih sebagai Presiden.

Dengan terpilihnya Luhut, maka dia mewakili seluruh negara Asia Pasifik dan akan memimpin beberapa sesi persidangan. Selain itu, Luhut juga akan memberikan penilaian terhadap jalannya sidang kepada Presiden Konferensi.

Luhut juga menjadi Ketua Delegasi Republik Indonesia (Delri) yang membawa sejumlah kepentingan nasional. Salah satunya mengenai penanganan sampah laut.

"Kita akan sampaikan tentang Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) di PBB, penanganan sampah plastik laut dan menawarkan kerjasama penanganannya," kata dia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Dalam kesempatan itu, Luhut juga akan memberikan penjelasan soal kebijakan pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal atau illegal, unreported, unregulated fishing (IUUF).

"IUUF merupakan masalah kejahatan perikanan yang mengancam keberlangsungan sumberdaya laut sehingga perlu diatasi secara bersama-sama," tutur Luhut.

Sebagai informasi, anggota Delri terdiri dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Dubes untuk Perwakilan Tetap RI di PBB Dian Triansyah Djani, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Arif Havas Oegroseno, Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Safri Burhanuddin, dan lain-lain.(*)

BERITA REKOMENDASI