Kongres Amerika Tolak Veto Trump

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Kongres Amerika Serikat pada Jumat (1/1) menolak veto Presiden Donald Trump atas Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertahanan. Selama Trump menjabat, ini pertama kalinya anggota parlemen menolaknya.

Senat yang dikendalikan Partai Republik menyetujui anggaran tahun 2021 senilai US$740,5 miliar untuk mendanai program dan konstruksi militer dalam UU Otorisasi Pertahanan Nasional, dengan pemungutan suara mencapai 81-13. Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS yang mayoritas diisi Partai Demokrat juga menolak veto Trump dengan suara 322 banding 87.

Kedua majelis Kongres sebenarnya telah mengesahkan UU itu pada awal Desember dengan suara mayoritas, tapi Trump memveto UU tersebut pada 23 Desember dengan mengutip sejumlah keberatan.

Trump mengkritik RUU Pertahanan dengan berbagai alasan, termasuk menyebutnya sebagai “hadiah” untuk China dan Rusia. Dia juga mengatakan RUU membatasinya menurunkan jumlah pasukan di Afghanistan, Korea Selatan, dan tempat lainnya.

Trump juga meminta RUU itu harus mencakup pencabutan UU federal yang dikenal sebagai Pasal 230, di mana pasal itu memberikan perlindungan kepada perusahaan internet seperti Facebook Twitter, dan Google. (*)

BERITA REKOMENDASI