Koo, Aplikasi Mirip Twitter Besutan India

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Koo, aplikasi mirip Twitter hadir di India. Aplikasi itu diketahui semakin populer setelah kerap disebut-sebut oleh Perdana Menteri India Narendra Modi dan anak buahnya.

Koo telah diunduh sebanyak 3,3 juta kali sepanjang tahun 2021. Jumlah unduhan itu dinilai sebagai awal yang menjanjikan bagi perusahaan yang didirikan kurang dari setahun yang lalu.

Koo masih kalah dari Twitter yang diunduh sebanyak 4,2 juta India selama periode yang sama. Namun, Koo yang juga menggunakan logo burung, yang akrab bagi pengguna Twitter diunduh lebih sering daripada Twitter pada bulan Februari 2021.

Twitter dilaporkan sedang bermasalah dengan pemerintah India karena menolak menghapus akun tertentu selama aksi protes petani terhadap undang-undang pertanian yang baru.

India memanggil perusahaan AS tersebut karena tidak berbuat cukup banyak untuk memblokir akun yang membagikan tagar yang provokatif terhadap pemerintah.

Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah Modi diketahui telah meningkatkan tekanannya pada perusahaan teknologi global. Baru-baru ini, mereka memberlakukan pembatasan ketat Facebook, Twitter dan YouTube, serta mengancam karyawan raksasa teknologi itu dengan hukuman penjara.

Pemerintah India juga berani melarang lusinan aplikasi China, termasuk TikTok dan WeChat. (*)

BERITA REKOMENDASI