Kopi Boyolali Meluncur ke Jerman

HAMBURG, KRJOGJA.com – Konsulat Jenderal RI di Hamburg bekerja sama dengan Koperasi Produsen Kopi Rakyat (Kopira) telah mengadakan kegiatan upacara pemberangkatan kopi Boyolali ke Pasar Jerman.  Kegiatan yang dilakukan secara virtual tersebut dihadiri oleh perwakilan pemerintah yaitu Kementerian Desa, Kementerian Luar Negeri, Kopira, Pemkab Boyolali, Kadin Jawa Tengah, PT Lion Parcel dan Ketua ”Kampus Kopi”.

Dalam pidato pembukaannya Ketua Kopira, Emilda Liliyanti menyatakan rasa syukurnya bahwa kopi Boyolali ternyata bisa ”menaklukkan” Jerman. Lebih lanjut juga disampaikan bahwa berdasarkan pembicaraan dengan pemilik MyBali Coffee yang berdomisili di Hamburg, rasa dan kualitas kopi Boyolali sudah hampir menyamai Kopi Gayo.

Konjen RI di Hamburg Ardian Wicaksono menyatakan terima kasih kepada semua pihak di Boyolali atas kerja sama dan kolaborasinya. Ucapan serupa juga disampaikan kepada Kemlu dan Kemendes atas bantuan dan dukungannya. Merupakan perjuangan yang tidak ringan untuk memperjuangkan kopi Indonesia ke pasar Jerman. Namun berkat upaya serta komunikasi yang sangat baik dengan Boyolali pasar kopi Jerman dapat ditembus. Sampel coffee beans yang dikirim ke Hamburg ternyata lolos dari pengujian kopi. Perlu pengetahuan tentang standard khusus dan sertifikasi. Kalau pengiriman ini lancar maka akan menjadi bagian dari mata rantai ekspor komoditi kopi ke Eropa.

BERITA REKOMENDASI