Kopi Indonesia Disambut Hangat Oleh Warga Finlandia

FINLANDIA, KRJOGJA.com – Memasuki musim gugur di Eropa ini, kopi Indonesia kembali dipromosikan ke Finlandia. Hal ini telah menarik sejumlah pengusaha Indonesia dan Finlandia untuk mengikuti virtual meeting yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bekerjasama dengan KBRI Helsinki. Upaya ini merupakan bagian dari kebijakan pemerintah Indonesia untuk memperkuat hubungan ekonomi dengan Finlandia.

“Kami menghadirkan pemain kopi Indonesia yang bertujuan untuk ketemu langsung dengan mitranya pengusaha Finlandia. Oleh karena itu judul pertemuan kami sangat konkrit. Link and match”, ujar Dubes Prayono Atiyanto membuka Webinar bertajuk “Indonesian Coffee Specialty-Finland”. Prayono, mantan Duta Besar RI untuk Azerbaijan ini menyatakan kegembiraannya bahwa kopi Indonesia telah diperkenalkan ke Finlandia melalui berbagai kesempatan di negara Nordik tersebut.

Reija Paakinen, CEO Mokkamestarit Oy Coffee Roasting Company mengatakan kopi Indonesia dikenal di Finlandia. Oleh karena itu, perdagangan langsung perlu menjadi pertimbangan yang positif. “Masyarakat Finlandia sangat menghargai kesejahteraan para petani mengingat merekalah yang menjaga alam bumi,” kata Reija yang sudah 9 tahun berbisnis dengan eksportir kopi asal Toba Sumatera, Merapi Yogyakarta dan Kintamani Bali.

BERITA REKOMENDASI