Kopi Indonesia Disambut Hangat Oleh Warga Finlandia

Komentar yang sama juga diberikan oleh juara kopi Barista 2016 dan 2016, Jarno Peräkylä. Sebagai seorang barista dan roastery yang tidak pernah absen mengikuti kejuaraan barista dunia sejak 2014 ia mengatakan, pelanggan yang sering mengunjungi kafe dan bistronya sering mencari kopi khas Indonesia. “Jenis kopi ada bermacam-macam dan masing-masing memiliki aroma dan rasa yang khas,” kata Jarno.

Sebanyak 3 produsen kopi terkenal dari Indonesia diundang dalam Webinar yaitu Natanael Charis, Ryo Limijaya, dan Daroe Handojo. Sedangkan Galih Bulgamin, Evita Hapaavara dan Adrian Satrio adalah diaspora Indonesia yang sudah lama tinggal di Finlandia. Bahkan Evita sendiri sudah 25 tahun di Helsinki.

Erly Wijayani, Sekretaris Pertama/Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI KBRI Helsinki menyatakan bahwa pertemuan virtual ini merupakan salah satu wadah untuk memajukan sektor ekonomi Indonesia. “Kami yakin pertemuan hari ini akan menghasilkan kesepakatan bisnis yang bermanfaat dan nyata antara semua pihak terkait yang bermanfaat bagi Indonesia dan Finlandia,” ujar Erly Wijayani. Pihaknya mendukung terciptanya kolaborasi Business to Business agar menghasilkan ekspor Kopi Spesial Indonesia ke Finlandia, promosi yang lebih baik tentang kopi spesialti Indonesia di Finlandia dan kawasan.

BERITA REKOMENDASI