Korea Utara Ancam Amerika

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Kecaman Presiden Amerika Serikat Joe Biden atas peluncuran rudal Korea Utara pada pekan ini disebut seorang pejabat negara Asia tersebut berisiko memicu uji senjata yang lebih lanjut.

Korea Utara sebelumnya meluncurkan dua rudal balistik ke timur Semenanjung Korea dan menimbulkan kecaman dari Biden. Peluncuran itu jadi aksi provokasi pertama di masa Biden menjabat.

Pyongyang telah menunggu waktu yang dianggap tepat sejak pemerintahan baru memimpin di Washington, bahkan secara tidak resmi mengakui keberadaan era baru sampai pada pekan lalu.

Usai peluncuran rudal, Biden menyebut uji coba tersebut sebagai pelanggaran resolusi PBB dan meminta negara tersebut tidak meningkatkan pengujian militer. Biden bahkan menyebut “akan ada respons bila mereka memilih meningkatkan uji coba”.

Ri Pyong Chol, seorang pejabat terkemuka Korea Utara yang mengawasi uji coba rudal tersebut mengatakan komentar Biden telah mengungkapkan “permusuhan yang mendalam” terhadap rezim Kim Jong-un.

“Pernyataan seperti itu dari Presiden AS adalah pelanggaran secara gamblang atas hak negara kami untuk membela diri dan memprovokasi hal tersebut,” kata Ri. (*)

BERITA REKOMENDASI