Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik ke Laut Jepang

Editor: Ivan Aditya

PYONGYANG (KRjogja.com) – Otoritas militer Amerika Serikat dan Korea Selatan menyatakan, Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik dari pantai timurnya. Rudal K-11 diluncurkan dari perairan dekat Sinpo dan terbang sejauh 500 km sebelum medarat di Laut Jepang.

Perdana Menteri Jepang mengatakan,rudal jatuh di Zona Identifikasi Pertahanan Udara Jepang dan menyebut kejadian itu sebagai tindakan ceroboh. Peluncuran itu dipicu latihan militer tahunan yang dimulai Korea Selatan dan Amerika Serikat sehingga pemerintah Korea Utara geram.

Latihan militer gabungan antara Amerika Serikat dan Korea Selatan yang dinamai Ulchi-Freedom Guardiandiikuti meliputi 80.000 tentara Amerika Serikat dan Korea Selatan pada simulasi pertahanan Korea Selata berbasis komputer menghadapi serangan fiksi dari Korea Utara. Korea Utara yang melihat kegiatan tersebut sebagai uji coba penyerangan memberikan peringatan bahwa perang di semenanjung Korea akan dilakukan dan mengancam akan melakukan serangan nuklir terlebih dahulu sebagai balasan. (*)

BERITA REKOMENDASI