Korsel dan Jepang Teken Pakta Intelijen

Editor: Ivan Aditya

KORSEL (KRjogja.com) – Korea Selatan dan Jepang menandatangani pakta intelijen militer untuk berbagi informasi terkait dengan ancaman rudal Korea Utara.

“Duta Besar Jepang di Korea Selatan, Yasumasa Nagamine, sudah menandatangani kesepakatan untuk berbagi informasi dengan Korea Selatan terkait dengan ancaman rudal Korea Utara,” kata Menteri Pertahanan Korea Selatan Han Min-koo.

Pemerintah Korea Selatan telah menyetujui kesepakatan dengan Jepang, meskipun penolakan datang dari beberapa partai politik dan sebagian besar dari masyarakat. Reaksi penolakan timbul karena penindasan yang dilakukan Jepang selama pemerintahan kolonial Korea dari tahun1910 sampai akhir Perang Dunia II.

Sebuah survei yang dilakukan Gallup Korea pada Jumat, 18 November 2016, menunjukkan bahwa 59 persen dari 1.007 responden menentang kesepakatan di antara kedua negara. Hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara semakin memanas, setelah uji coba nuklir Korea Utara. Situasi memanas membuat Jepang dan Korea Utara meningkatkan kewaspadaan. (*)

BERITA REKOMENDASI