Korsel Kirim Delegas ke Amerika

Editor: Ivan Aditya

SEOUL, KRJOGJA.com – Asisten keamanan utama Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in berangkat ke Washington. Hal itu dilakukan untuk meyakinkan sekutu utama Seoul bahwa ia tidak akan membatalkan kesepakatan untuk menjadi lokasi sistem pertahanan rudal THAAD yang membuat China marah.

Jae-in sebelumnya memerintahkan penyelidikan terkait empat peluncur tambahan dari sistem pertahanan rudal itu. Ia mengaku pihak tidak tahu menahu soal penambahan tersebut.

"Perintah saya untuk penyelidikan terhadap THAAD adalah tindakan domestik dan saya ingin jelas bahwa ini bukan tentang mencoba mengubah keputusan yang ada atau mengirim pesan ke AS," kata Moon kepada Senator AS Dick Durbin.

Ucapan tersebut merupakan indikasi jelas Jae-in bahwa dia tidak bermaksud untuk menghentikan penyebaran tersebut. Padahal, penyebaran sistem rudal THAAD telah memicu protes marah China yang merupakan mitra dagang terbesar Korsel.

Chung Eui-yong, penasihat keamanan nasional Jae-in, juga membantah bahwa kontroversi mengenai penerapan THAAD akan berdampak negatif pada pertemuan puncak antara Jae-in dan Trump. (*)

BERITA REKOMENDASI