Korsel Kirim Kapal Perusak ke Iran

Editor: Ivan Aditya

KORSEL, KRJOGJA.com – Militer Korea Selatan mengirimkan kapal perusak ke Teluk Persia dekat Selat Hormuz untuk memastikan keamanan warga Negeri Ginseng. Pengerahan kapal militer itu berlangsung setelah Iran menyita kapal tanker kimia berbendera Korea Selatan dan menahan anak buah kapalnya.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan sebuah kapal perusak yang mengangkut unit anti-pembajakan, Cheonghae, telah tiba di perairan dekat Selat Hormuz. Kementerian itu menuturkan kapal militer itu sedang menjalani misi untuk memastikan keamanan warga kami tanpa menjelaskan secara detail tujuannya.

Unit Cheonghae terdiri dari 300 personel yang telah berada di kawasan Timur Tengah sejak akhir 2020. Pejabat militer Korsel mengatakan kepada kantor berita Yonhap bahwa unit tersebut tidak akan melakukan misi penyerangan selama beroperasi di kawasan itu.

“Masalah ini harus diselesaikan melalui diplomasi. Unit tersebut fokus mengamankan warga kami yang melewati perairan itu setelah insiden penyitaan kapal,” bunyi pernyataan Kemhan Korea Selatan seperti dilansir AFP.

Pengerahan kapal perusak juga berlangsung ketika juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, Choi Young-sam, menuturkan negaranya akan mengirim delegasi ke Iran sesegera mungkin untuk menyelesaikan masalah penyitaan kapal tersebut.

Sebab tak hanya dari Korea Selatan, Iran turut menahan beberapa ABK kapal dari sejumlah negara seperti Indonesia, Vietnam, dan Myanmar. (*)

BERITA REKOMENDASI