Korsel Segera Kirim Utusan ke Korut

Editor: Ivan Aditya

KORSEL, KRJOGJA.com – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) menunjukkan keseriusannya untuk mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea. Presiden Moon Jae-in berencana mengirim utusan khusus ke Pyongyang, Korea Utara, guna merespons undangan yang disampaikan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un beberapa waktu lalu.

Rencana itu diungkapkan Presiden Moon Jae-in dalam percakapan telefon dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump. Menurut keterangan Kantor Staf Presiden Korea Selatan, perbincangan kedua kepala negara itu dilakukan Kamis 1 Maret malam waktu setempat selama 30 menit.

“Kedua kepala negara sepakat untuk melanjutkan momentum dialog Korea Selatan-Utara sehingga dapat mencapai denuklirisasi Semenanjung Korea,” bunyi pernyataan resmi Kantor Staf Presiden Korea Selatan.

Selain itu, Presiden Moon Jae-in juga mengatakan keinginannya agar ada kunjungan balasan dari Korea Utara. Pengiriman utusan khusus itu dapat menjadi langkah pertama guna menyiapkan kunjungan Presiden Moon Jae-in ke Pyongyang, Korea Utara. (*)

BERITA REKOMENDASI