Korsel Siapkan Vaksinasi Dosis Empat

Editor: Ivan Aditya

KORSEL, KRJOGJA.com – Korea Selatan akan memberikan vaksin Covid-19 dosis keempat bulan Februari ini. Kelompok berisiko tinggi bakal menjadi gelombang pertama yang mendapatkan dosis keempat ini.

“Kami berencana memberikan suntikan keempat untuk mereka yang tinggal di panti jompo dan fasilitas kesehatan lain, pun juga mereka yang kekebalan tubuhnya menurun, mengingat kenaikan infeksi di kalangan masyarakat 60 tahun ke atas,” kata Menteri Kesehatan Korsel, Kwon Deok Cheol.

Menurut direktur Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korsel (KDCA), director Jeong Eun-kyeong, vaksin dosis empat ini akan diberikan pada 500 ribu orang 18 tahun ke atas yang tinggal ataupun bekerja di pusat kesehatan, dan 1,3 juta orang dengan gangguan imunitas. Sementara itu, warga di luar kelompok ini belum dianjurkan mendapatkan vaksin dosis keempat.

Korsel juga bakal memberikan 30 juta alat tes Covid-19 untuk mencegah kekurangan di tengah lonjakan infeksi varian Omicron. Pemerintah juga berencana menyediakan 190 juta alat tes mandiri di Maret.

Korsel memang tengah mengalami kenaikan kasus akibat penyebaran varian Omicron. Akibat penyebaran ini, pemerintah negara itu memutuskan menghentikan program tes dan pelacakan Covid-19 besar-besaran. (*)

BERITA REKOMENDASI