Korut Akan Runtuhkan Tempat Uji Coba Nuklir

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Korea Utara menjadwalkan pembongkaran lokasi uji coba nuklir miliknya, antara 23 Mei dan 25 Mei, tergantung pada kondisi cuaca. Namun, hal itu tak berarti terjadi pelucutan senjata nuklir.

Pembongkaran lahan uji coba nuklir di Punggye-ri ini akan dilakukan dengan meledakkan semua terowongan, memblokir pintu masuknya, dan menghapus semua fasilitas observasi, bangunan penelitian, dan pos keamanan.

"The Nuclear Weapon Institute dan lembaga-lembaga terkait lainnya mengambil langkah-langkah teknis untuk membongkar uji coba nuklir utara, untuk memastikan transparansi penghentian uji nuklir," kata tulis kantor berita Korut, KCNA.

Pengumuman ini muncul setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan ia akan mengadakan pertemuan puncak dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un di Singapura, 12 Juni. KCNA menyatakan bahwa Amerika Serikat dan Korea Selatan akan diundang untuk meliput acara tersebut untuk "menunjukkan secara transparan pembongkaran uji coba nuklir utara yang akan dilakukan". (*)

BERITA REKOMENDASI