Korut dan Korsel Kembali Gelar Pertemuan Pekan Depan

Editor: Ivan Aditya

KORSEL, KRJOGJA.com – Korea Utara sepakat bertemu dengan Korea Selatan pada pekan depan untuk membahas persiapan pertemuan antara Presiden Moon Jae-in dan Kim Jong-un, April mendatang.

"Pagi ini, Korea Utara mengirimkan pesan melalui saluran komunikasi di Panmujon yang menyatakan kesediaan mereka atas usulan kami pada tanggal 22 lalu untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi," bunyi pernyataan Kementerian Unifikasi Korsel.

Kementerian Unifikasi Korsel kemudian menyatakan bahwa pertemuan persiapan itu akan digelar pada Kamis mendatang di Panmujon, desa perbatasan di mana gencatan senjata diberlakukan. Masing-masing negara akan mengirimkan satu delegasi beranggotakan tiga orang yang dipimpin oleh kedua menteri luar negeri.

Setelah pertemuan ini, sejumlah penyanyi dari Korsel akan unjuk kebolehan di Pyongyang pada awal April sebagai balasan atas penampilan grup musik Korut dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Februari lalu.

Sementara rencana pertemuan dengan Korsel berjalan lancar, jadwal bilateral antara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang rencananya dihelat pada Mei mendatang masih di ambang ketidakpastian. (*)

BERITA REKOMENDASI