Korut Eksekusi Mati Dua Pejabat

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Korea Selatan dalam laporan terbaru mengatakan Korea Utara baru-baru ini mengeksekusi mati setidaknya dua orang pejabat, melarang penangkapan ikan di laut, dan mengunci ibu kota Pyongyang. Hal ini dinilai sebagai respons panik atas potensi penyebaran virus corona. Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) mengungkapkan hal tersebut kepada anggota parlemen.

Pemerintah Kim disebut juga memerintahkan diplomat di luar negeri untuk menahan diri dari tindakan apa pun yang dapat memprovokasi Amerika Serikat karena khawatir kemungkinan pendekatan yang dilakukan oleh presiden terpilih Joe Biden terhadap Korea Utara.

Salah satu anggota parlemen Korsel, Ha Tae-keung mengutip NIS mengatakan, Kim telah menunjukkan “kemarahan yang berlebihan” dan mengambil “tindakan irasional” atas pandemi Covid-19 dan dampak ekonominya bagi Korut.

Ha mengatakan salah satu orang yang dieksekusi Korut merupakan penukar uang terkenal di Pyongyang. Ia dianggap bertanggung jawab atas penurunan signifikan nilai tukar mata uang won terhadap dolar AS. (*)

BERITA REKOMENDASI