Korut Fokus Pertumbuhan Ekonomi 2022

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un membahas masalah pangan dan pertumbuhan ekonomi dalam pidato akhir tahunnya terkait kebijakan lima tahun ke depan. Ia tak banyak menyebut soal nuklir atau Amerika Serikat.

Kim menuturkan, tujuan utama Korea Utara 2022 yakni memulai pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Menghadapi hidup dan mati yang luar biasa,” ujar Kim dalam pidato di akhir Rapat Pleno ke-4 Komite Sentral ke-8, Partai Pekerja Korea (WPK).

Fokus pidato Kim menggarisbawahi masalah ekonomi yang tengah dihadapi Korea Utara. Negara tersebut sedang dilanda krisis pangan lantaran penutupan wilayah yang super ketat akibat pandemi Covid-19 dan bencana alam.

“Tugas utama yang dihadapi Partai dan rakyat kita tahun depan adalah memberikan jaminan yang pasti terkait rencana pelaksanaan lima tahun dan membawa perubahan yang luar biasa dalam pembangunan negara dan standar hidup rakyat,” kata Kim yang dikutip media pemerintah Korut.

Sebagian besar isi pidato yang disampaikan Kim merinci soal masalah domestik. Mulai dari pembangunan pedesaan hingga pola makan masyarakat, seragam sekolah, dan tindakan untuk praktik non-sosialis. (*)

BERITA REKOMENDASI