Korut Kembali Luncurkan Rudal Antar Benua

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Korea Utara baru-baru ini kembali melakukan uji coba rudal di situs peluncuran satelit Sohae milik Pyongyang. Meskipun demikian, tidak dijelaskan apakah rudal yang ditembakkan Korut itu merupakan misil balistik antarbenua (ICBM), yang selama ini dikhawatirkan Amerika Serikat.

Berdasarkan analisis citra satelit, 38 North menyebut uji coba nuklir Korut itu dilakukan pada 22 Juni dan berukuran ‘relatif kecil’. Sebelumnya, citra satelit bertanggal 10 Juni memperlihatkan tidak ada aktivitas di situs tersebut.

Hal itu menunjukkan bahwa Korea Utara telah memiliki kemampuan teknis dan logistik untuk melakukan uji coba instan, tanpa persiapan rumit. Pekan lalu, pejabat Washington yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan pada Reuters bahwa Korut tengah melakukan persiapan uji coba roket balistik antarbenua.

Namun, 38 North yang merupakan bagian dari Universitas Johns Hopkins menyebutkan, tidak mungkin mengonfirmasi roket tersebut berjenis ICBM hanya melalui citra satelit semata.

Sebelumnya, Korea Utara telah melakukan dua kali uji coba bom atom dan belasan uji misil sejak tahun lalu, yang meningkatkan kekhawatiran dunia atas keamanan kawasan. Uji coba tersebut juga membuat rezim Kim Jong-un mendapatkan berbagai sanksi dari PBB. (*)

BERITA REKOMENDASI