Korut Kembangkan Pariwisata dekat Gudang Rudal

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Pemerintah Korea Utara berniat untuk membuka kawasan pesisir pantainya sebagai destinasi wisata. Hal tersebut diketahui dari foto satelit yang diambil oleh kelompok monitor Amerika Serikat, 38 North.

Kawasan pesisir Wonsan-Kalma itu disebut bakal dibuka untuk umum pada akhir tahun ini. Selain pantai, kawasan tersebut juga akan menjadi komplek hotel, taman bermain, stadion olahraga, bioskop, tempat belanja dan tempat makan.

Pembangunan kawasan wisata baru ini telah berlangsung sejak tahun lalu. Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-Un, juga sering datang langsung ke sana demi mengecek perkembangan proyek yang sedang berjalan.

Semasa kecilnya, Kim Jong-Un sering diajak berwisata oleh keluarganya ke Wonsan-Kalma. Kawasan ini memang menjadi destinasi wisata utama penduduk Korea Utara, terutama saat liburan musim panas.

Mengenai akses, kawasan Wonsan-Kalma berada dekat dengan bandara militer. Seiring dengan pembangunan kawasan wisata tersebut, terminal kedatangan turis ikut disiapkan.

Namun belum diketahui apakah Bandara Wonsan-Kalma akan membuka pintu bagi penerbangan luar negeri. Sebelum proyek Wonsan-Kalma, pemerintah Korea Utara telah lebih dulu membuka kawasan ski Masik Pass pada tahun 2014. Ketika itu sambutan publik dari dalam dan luar Korea Utara sangat meriah.

Wonsan-Kalma merupakan kawasan militer tempat pemerintah Korea Utara menyimpan amunisi rudal balistiknya. Jika terjadi keadaan darurat, rudal balistik itu juga bakal diluncurkan dari sana. (*)

BERITA REKOMENDASI