Korut Mulai Ditinggalkan Sekutu

Editor: Ivan Aditya

KORUT (KRjogja.com) – Mulai dari memecat pekerja Korea Utara dan tak menerbitkan visa bagi warga negaranya, para negara sekutu sejak zaman Perang Dingin, seperti Polandia dan Mongolia, mulai menarik mundur langkahnya menjauh dari negara terisolasi tersebut. Dengan dorongan dari Korea Selatan dan Amerika Serikat, diperkirakan akan lebih banyak negara yang menjauh dari Korut setelah belakangan ini Pyongyang memantik ketegangan dengan uji coba nuklir kelima mereka.

Menumpuknya sanksi terhadap Pyongyang membuat pemerintahan Kim Jong Un terus mencari cara untuk mendapatkan sumber lain guna memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini terungkap dalam penelitian teranyar dari para ahli di Universitas Harvard dan Institut Teknologi Massachusetts.

“Jika teman lama Korut terus memangkas hubungan di hadapan publik, Pyongyang akan kehilangan tempat asing di mana jaringan terlarang mereka dapat dioperasikan tanpa hambatan atau perlindungan politik dari negara tuan rumah,” ujar Andrea Berger, wakil direktur program kebijakan nuklir Royal United Services Institute (RUSI).

Menanggapi hasil penelitian ini, pejabat Korsel menolak memberikan komentar terkait kemungkinan adanya upaya bujukan kepada negara-negara lain untuk menghukum Korut. (*)

BERITA REKOMENDASI