Korut Pamerkan Kemampuan Rudal Terbaru

Editor: Ivan Aditya

KORUT (KRjogja.com) – Rezim Korea Utara (Korut) yang dipimpin Kim Jong-un telah menembakkan rudal balistik dari kapal selam di lepas pantai timur. Manuver rudal terbaru Korut ini dipantau militer Korea Selatan.

Korut semakin gencar menembakkan rudal balistik meski sudah dijatuhi rentetan sanksi berbagai negara karena melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Pihak Staf Gabungan Militer Korea Selatan mengatakan, uji tembak rudal balistik Korut berlangsung di dekat kota pesisir Sinpo dimana citra satelit menunjukkan keberadaan pangkalan kapal selam.

Penembakan rudal balistik dari kapal selam Korut ini terjadi dua hari setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) memulai latihan militer tahunan di Semenanjung Korea. Rezim Kim Jong-un mengutuk latihan militer itu karena diyakini sebagai persiapan untuk menginvasi Pyongyang.

Korut bahkan sudah mengancam akan meluncurkan serangan nuklir terhadap latihan kedua negara itu jika terjadi agresi sedikit pun terhadap wilayah darat, laut dan udara Pyongyang. Beberapa pekan lalu, Korut juga menembakkan rudal balistik yang mendarat di dekat perairan Jepang. (*)

BERITA REKOMENDASI