Korut Siap Gelar Parade Militer

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJa.com – Korea Utara disebut tengah bersiap menggelar parade militer besar-besaran untuk menandai peringatan 75 tahun Partai Buruh berdiri pada Oktober mendatang. Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa Korut tampak tengah menyiapkan acara yang rencananya digelar pada 10 Oktober mendatang.

Dalam sebuah laporan kepada komite pertahanan parlemen, Kemhan Korsel menuturkan Korut sedang membangun sejumlah gudang penyimpanan baru di pangkalan udara Send, Pyongyang.

Pembangunan itu menurut Korsel menjadi pertanda bahwa Korut kemungkinan akan memamerkan sistem rudal balistik antar-benua (ICBM) atau rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) juga dalam parade militer nanti.

Meski begitu, Kemhan Korsel menegaskan bahwa lima reaktor di situs nuklir Korut di Yongbyon tetap ditutup. Sejauh ini, Seoul juga tidak mendeteksi ada aktivitas apa pun di situs itu maupun di lokasi pengujian nuklir Punggye-ri.

Namun, Kemhan Korsel mengaku pihaknya mendeteksi beberapa aktivitas manusia, peralatan, dan mobilisasi kendaraan di sejumlah situs rudal Korut. Hal itu, menurut Seoul, menandakan Korut masih mengembangkan teknologi rudal jarak pendek, menengah, dan jarak jauh. (*)

BERITA REKOMENDASI