Korut Sukses Uji Coba Rudal Antarbenua

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengawasi langsung uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) tipe terbaru. Kim Jong Un mengatakan senjata yang dijuluki “rudal monster” itu akan menjalankan misi dan tugasnya sebagai pencegah perang nuklir yang kuat.

Ia juga menyebut bahwa rudal yang dinamakan Hwasong-17 itu menunjukkan kepada dunia kemampuan militer negaranya. “Kemunculan senjata strategis baru DPRK [nama resmi Korea Utara] akan membuat seluruh dunia dengan jelas sadar akan kekuatan angkatan bersenjata strategis kita sekali lagi,” ujar Kim dalam laporan kantor berita Korut, KCNA.

Kim mengatakan negaranya kini telah memiliki kemampuan militer dan teknis yang tangguh, sehingga tak goyah oleh ancaman militer dan pemerasan. Ia juga menyebut bahwa Korea Utara sepenuhnya siap berkonfrontasi jangka panjang dengan Amerika Serikat.

Peluncuran rudal balistik merupakan salah satu dari sekian banyak uji coba senjata Korut sepanjang tahun ini. Hwasong-17 disebut sebagai rudal paling kuat yang diluncurkan Korea Utara sejak 2017. Rudal itu dipercaya memiliki jangkauan yang lebih tinggi dan lebih jauh dibandingkan ICBM sebelumnya. (*)

BERITA REKOMENDASI