Korut Tebar Ancaman Kepada Amerika

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Korea Utara mengancam akan mengambil langkah balasan kepada Amerika Serikat jika negara tersebut tetap menggelar latihan militer bersama Korea Selatan. Pyongyang juga menegaskan tidak akan memohon-mohon kepada Washington untuk menggelar suatu dialog.

"Jika Amerika Serikat tetap menggelar latihan militer sambil tetap menerapkan sanksi kepada DPRK, DPRK akan mengambil tindakan balasan kepada AS dengan cara kami sendiri dan mereka akan bertanggungjawab sepenuhnya atas konsekuensi-konsekuensi selanjutnya," demikian pernyataan resmi Kantor Berita Korut, KCNA.

Amerika Serikat dijadwalkan menggelar latihan militer bersama Korea Selatan pada awal April. Informasi itu didapat Reuters berdasarkan pernyataan penasehat keamanan Korea Selatan kepada Kantor Berita Yonhap.

Sebelumnya, pada 23 Februari lalu, Amerika Serikat menyatakan menerapkan paket sanksi terbesar untuk menekan Korut menghentikan program nuklir dan misilnya. Presiden AS Donald Trump bahkan mengingatkan tentang 'fase kedua' yang ia sebut 'sangat tidak menguntungkan bagi dunia' jika langkah-langkah sebelumnya tidak berjalan efektif. (*)

BERITA REKOMENDASI