Korut Ujicoba Nuklir Lagi?

KILJU (KRjogja.com) – Kabar guncangan yang terjadi di dekat fasilitas pengembangan nuklir Korea Utara (Korut) di Kilju, langsung menimbulkan kekhawatiran beberapa negara. 

Guncangan seperti gempa itu diduga akibat uji coba nuklir yang kembali dilakukan Korut. Guncangan ini juga dibenarkan oleh China Earthquake Networks Center (CENC) yang menyatakan terjadi pada pukul 08.30 waktu setempat. Pihak CENC menambahkan, guncangan kuat terjadi di permukaan bumi.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (9/9/2016), ketika mendengar adanya kemungkinan uji coba nuklir, Perdana Menteri Jepang Shinzo Ane mengatakan bakal mengajukan protes keras kepada Korut jika memang terbukti. Selain itu, dugaan uji coba nuklir ini semakin kuat, sebab Kementerian Lingkungan China langsung mengadakan pengawasan radiasi di sepanjang perbatasan bagian timur lautnya. 

Ini merupakan wilayah perbatasan China dengan Korut. Jika memang terbukti Korut kembali mengadakan uji coba nuklir maka pasti akan semakin meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea. (*)

BERITA REKOMENDASI