KPU Lanjutkan Verifikasi Empat Parpol Baru

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melanjutkan proses verifikasi terhadap empat parpol baru yaitu Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, dan Partai Berkarya pada 30 Januari-1 Februari 2018. Komisioner KPU Pramono Ubeid Tantowi mengatakan, jadwal tersebut sesuai dengan amanat PKPU Nomor 5 Tahun 2018 yang menginstruksikan tentang jadwal verifikasi bagi partai politik.

Diketahui jadwal verifikasi parpol di tingkat nasional dan provinsi akan dilaksanakan pada 28-30 Januari 2018. Sedangkan pada tingkat kabupaten/kota akan diselenggarakan pada 30 Januari hingga 1 Februari 2018.

"Jadi saat 12 parpol lama dilakukan verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota, keempat parpol baru itu juga akan dilakukan verifikasi," kata Pramono di kantor KPU.

Diketahui, KPU sempat menghentikan sementara waktu proses verifikasi faktual empat parpol baru calon peserta pemilu 2019 dalam rangka penyesuaian proses, pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/2018. Pramono mengatakan, keempat parpol baru itu dipastikan tak akan mengulang verifikasi baru dari awal seperti 12 parpol lama lainya.

Ia menegaskan, hasil verifikasi pertama terhadap keempat parpol tersebut sebelum putusan MK tetap dinyatakan sah dan berlaku.  Sehingga, KPU nantinya hanya melakukan proses verifikasi lanjutan untuk memperbaki hasil pemeriksaan verifikasi pertama yang tidak memenuhi syarat.

Keempat parpol itu diketahui telah menyerahkan perbaikan hasil verifikasi pertama yang tidak memenuhi syarat. Nantinya, KPU akan mengacu pada perbaikan parpol tersebut untuk verifikasi lanjutan.

KPU akan mengecek terkait syarat persebaran keanggotaan dalam satu kabupaten/kota sebesar 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada dalam verifikasi lanjutan ini. (*)

KPU

BERITA REKOMENDASI