Kuburan Massal Perang Dunia II Jadi Misteri, Ini Desakan Pemerintah Belanda

BELANDA, KRJOGJA.com – Pemerintah Belanda mendesak pemerintah Indonesia untuk menyelidiki laporan mengenai temuan jasad para tentara Belanda yang dikubur secara massal di sebuah daerah di Jawa Timur.

Dilansir dari laman TheGuardian.com pada Jumat (26/1/2018), jasad para tentara Belanda itu ditemukan di tiga bangkai kapal perang Belanda era Perang Dunia II yang tenggelam di pesisir utara Jawa bagian timur.

Menteri Pertahanan Belanda, Ank Bijeveld, menyebut jasad-jasad tersebut berasal dari pertempuran yang berlangsung di Laut Jawa pada 1942 silam.

Laporan terkait juga menyebutkan bahwa bangkai kapal karam tersebut merupakan kapal milik pihak sekutu, yang menderita kekalahan perang saat melawan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang.

Selama puluhan tahun, ketiga bangkai kapal dinyatakan hilang secara misterius. Namun belakangan, muncul dugaan bahwa bangkai-bangkai kapal tersebut telah diangkat, dan dipotong-potong bagian besinya yang masih berharga.

Sementara jasad-jasad yang ditemukan di dalamnya dikumpulkan dalam satu kuburan massal tanpa penanda, yang konon diperkirakan berada di sebuah lokasi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

"Investigasi diperlukan untuk memastikan apakah ada hubungan antara tiga kapal perang tersebut dengan pasukan Belanda yang hilang di era Perang Dunia II," jelas Bijleveld.(*)

Baca Juga: Israel Lakukan Kejahatan Perang, Dunia Hanya Diam?

BERITA REKOMENDASI