Kuda Nil di Belgia Terjangkit Covid-19

Editor: Ivan Aditya

BEGIA, KRJOGJA.com – Dua kuda nil di Kebun Binatang Antwerp di Belgia terkonfirmasi positif Covid-19. Temuan ini disebut sebagai kasus Covid-19 pertama yang muncul di spesies tersebut.

Kuda nil bernama Imani yang berusia 14 tahun dan Hermien yang berusia 41 tahun dilaporkan tidak memiliki gejala selain pilek. Namun pihak pengelola kebun bintang menyebut pasangan itu tetap menjalani karantina sebagai tindakan pencegahan penularan lebih jauh

“Sepengetahuan saya, ini adalah pertama kalinya spesies ini,” kata dokter hewan kebun binatang tersebut, Francis Vercammen.

Kebun Binatang Antwerp kini sedang menyelidiki penyebab penularan. Pihak pengelola menyebut tidak ada penjaga kebun binatang yang baru-baru ini menunjukkan gejala atau dinyatakan positif Covid-19.

Virus corona berpindah dari hewan ke manusia dan kini semakin kuat dugaan virus itu bisa menular dari manusia ke hewan. Sejumlah hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan musang sudah dilaporkan terinfeksi Covid-19 setelah kontak dengan pemiliknya.

Sementara di kebun binatang, kasus Covid-19 dilaporkan muncul pada hewan yang tergolong kucing besar seperti harimau, kemudian pada berang-berang, primata, dan hyena. (*)

BERITA REKOMENDASI