Kunjungan Menlu AS dan PM Jepang ke Indonesia, Terkait Laut China Selatan?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Panggung hubungan bilateral Indonesia tengah ramai beberapa hari terakhir ini. Salah satu penyebabnya: konsep Indo-Pasifik yang belakangan kerap disebut-sebut oleh sejumlah pejabat tinggi negara asing ketika bertemu atau berencana untuk berjumpa dengan rekan setaranya di Indonesia.

Pekan ini, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga melawat ke Indonesia sebagai salah satu rangkaian luar negeri pertamanya sejak menjabat sebagai PM pada September 2020. Salah satu pesan yang ia sampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo adalah “untuk menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang makmur dan damai.”

Pada bagiannya, Jokowi “menggarisbawahi harapan agar Laut China Selatan dapat terus menjadi laut yang damai dan stabil. Sprit kerja sama inklusif perlu juga terus dimajukan dalam kerja sama Indo-Pasifik sebagaimana tercermin dalam ASEAN Outlook Indo-Pacific.”

Pekan sebelumnya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan AS Mark Esper di Washington DC guna membahas “keamanan kawasan, prioritas pertahanan bilateral, dan akuisasi pertahanan,”

Itu merupakan pertemuan kedua Prabowo – Esper, di mana pada November 2019, keduanya juga pernah bertatap muka untuk mendiskusikan “komitmen terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”

BERITA REKOMENDASI