Kunjungan Menlu AS dan PM Jepang ke Indonesia, Terkait Laut China Selatan?

“Selain itu, ada dua alasan luas menjelaskan semakin meningkatnya urgensi strategis Indo-Pasifik belakangan ini. Pertama, tumbuhnya jejak China di seluruh wilayah dan kedua, penurunan relatif dari sistem aliansi AS dan upaya kebangkitannya,” lanjut Das.

Pada 2017, AS mengadopsi konsep Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka (FOIP), dalam Strategi Keamanan Nasional AS. Konsep tersebut menekankan prinsip kebebasan navigasi, supremasi hukum dan kedaulatan negara dalam wilayah tersebut.

Jepang, India, Australia dan AS membentuk suatu kelompok strategis, dinamai “the Quad” untuk mengusung FOIP. Meskipun kelompok tersebut tidak secara eksplisit dibentuk sebagai suatu aliansi melawan pengaruh China, secara tidak langsung kelompok tersebut tampak melaksanakan fungsi tersebut. Faktanya, pada 2017, Menteri Luar Negeri Jepang pada saat itu,Taro Kono, menyatakan bahwa the Quad berusaha untuk “membendung” China, demikian diseperti dikutip dari artikel Ankush Ajaw Wagle dari NUS untuk the Conversation.(*)

BERITA REKOMENDASI