Kuota Working Holiday Visa Bertambah Akibat Perdagangan Bebas Australia – RI

AUSTRALIA, KRJOGJA.com – Perjanjian Dagang Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) telah ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham dengan Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, pada Senin 4 Maret 2019.

Salah satu hasil perjanjian perdagangan bebas IA-CEPA adalah penambahan kuota visa bekerja sambil berlibur di Australia (Working Holiday Visa disingkat WHV), bagi pemuda Indonesia yang memenuhi syarat. Hal itu telah dikonfirmasi oleh pemerintah Australia.

Jumlah kuota akan mencapai 4.100 orang dari sebelumnya yang hanya 1.000 orang di tahun pertama, sebagaimana dikutip dari ABC Indonesia pada Selasa (5/2/2019).

Kebijakan baru ini diapresiasi oleh peserta WHV di Australia. Mereka mengatakan bahwa penambahan kuota akan "semakin membuka kesempatan luas bagi pemuda Indonesia".

"Saya senang mendengarnya, persyaratan juga sudah baik karena pemerintah Australia tahu kapasitas kita," ujar Rendy Anugerah asal Makassar yang sedang bekerja di pabrik pengolah daging di kawasan Tamworth, Negara Bagian New South Wales.(*)

BERITA REKOMENDASI