Kurangi Utang Negara, 3 Peswat Eks Presiden Gambia Dijual

BANJUL, KRJOGJA.com – Gambia menjual beberapa pesawat dan armada mobil-mobil mewah yang dibeli oleh mantan Presiden Yahya Jammeh demi membantu mengurangi jumlah utang yang diambil semasa pemimpin otoriter itu berkuasa.

Jammeh, yang merebut kekuasaan melalui kudeta pada 1994, melarikan diri dari Gambia awal tahun lalu di tengah ancaman intervensi militer dari negara-negara tetangga Gambia di Afrika Barat. 

Ancaman intervensi itu dilayangkan setelah Jammeh menolak mundur menyusul kekalahannya dalam pemilihan presiden dari Adama Barrow.

Meski sebagian besar rakyat Gambia menderita kemiskinan di bawah pemerintahannya, Jammeh justru mengeruk kekayaan besar, yang kemudian dia bawa dengan pesawat ke pengasingannya di Guinea Ekuator. Namun, ratusan mobil, termasuk beberapa Rolls-Royce dengan nama Jammeh yang terpampang di bangkunya ditinggalkan di tarmac bandara.

"Armada kendaraan mahal di Gedung Negara dan tiga pesawat yang dibeli oleh mantan presiden Yahya Jammeh telah dijual," kata Menteri Keuangan Gambia, Amadou Sanneh sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (11/5/2018). (*)

BERITA REKOMENDASI