Lagi, Seorang WNI Positif Virus Corona di Singapura

SINGAPURA, KRJOGJA.com – Seorang WNI berusia 62 tahun tertular Virus Corona (COVID-19) setelah menghadiri acara makan malam di Singapura pada pertengahan bulan lalu. Kasus WNI ini terkait cluster penularan pada acara Imlek di SAFRA Jurong, menjadikannya kasus terbaru COVID-19 yang ke-133.

Pasien sedang dirawat di National University Hospital. KBRI Singapura mengatakan wanita itu sebelumnya tidak punya riwayat mengunjungi negara-negara yang terdampak COVID-19.

Meski acara di SAFRA Jurong berlangsung pada 15 Februari lalu, WNI ini baru mengalami gejala COVID-19 pada 29 Februari. Ia memeriksakan diri ke klinik pada 1 Maret hingga akhirnya dirujuk ke NUH dan dinyatakan positif Virus Corona.

“Sebelum dirawat di rumah sakit, yang bersangkutan menghabiskan waktu di kediamannnya di Jurong West Street 61,” ujar KBRI Singapura dalam keterangan resmi, Minggu (8/3/2020).

“Sejauh ini sudah 21 kasus positif COVID-19 yang dikonfirmasi terhubung dengan cluster SAFRA Jurong tersebut.”

Identitas wanita itu tak bisa diungkap ke publik karena UU di Singapura menjamin perlindungan privasi.

Sebelumnya, seorang WNI di Singapura juga dinyatakan terinfeksi virus Corona. Namun kini WNI tersebut sudah dinyatakan sembuh.

KBRI Singapura mengingatkan WNI agar tetap tenang dan senantiasa menjaga kebersihan pribadi, seperti cuci tangan setelah beraktivitas di luar ruangan. WNI dianjurkan pula agar tidak pergi ke tempat keramaian ketika merasa sakit dan segera ke dokter.

Sebelumnya, Channel News Asia melaporkan bahwa acara makan malam di Safra Jurong menjadi cluster penularan karena ada beberapa pasien yang positif Virus Corona.

Pemerintah Singapura pun terus mengingatkan kepada masyarakat yang sakit agar jangan beraktivitas dulu karena berisiko menularkan penyakit ke orang lain.(*)

BERITA REKOMENDASI