Latihan Rudal Rusia Picu Kemarahan Amerika

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Latihan militer yang digelar Rusia sempat memicu sirene peringatan siaga milik pangkalan angkatan udara Amerika Serikat yang berbasis di Jerman, Ramstein Air Base, menyala pada Sabtu pekan lalu.

Sirene itu mengisyaratkan bahwa rudal balistik telah diluncurkan di wilayah sekitar Eropa. Menurut sejumlah pejabat Kementerian Pertahanan AS, sirene itu sempat menyala beberapa menit sehingga menimbulkan ketidakpastian.

Berdasarkan penyelidikan awal, sirene peringatan rudal mungkin menyala karena dipicu satelit intelijen AS yang mendeteksi adanya peluncuran roket. Satelit militer AS yang sangat rahasia disebut mendeteksi gelombang infra merah rudal balistik.

Satelit itu disebut mendeteksi bahwa kapal selam Rusia yang tengah berlayar di perairan dekat Eropa telah melakukan uji coba empat rudal antar-benua di sekitar Laut Okhotsk, lepas pantai barat Rusia. Melalui pernyataan, komando militer AS di Eropa mengaku tahu insiden sirene yang terjadi di Pangkalan Udara Ramstein dan daerah sekitarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI