Lawan Boko Haram, Australia Latih Pasukan Afrika

DIFFA, KRJOGJA.com – Pasukan Militer Australia memberikan kontribusi untuk melawan kelompok militan Boko Haram dengan melatih pasukan Afrika. Pelatihan tersebut rencananya akan digelar di Diffa yakni dekat perbatasan di Republik Niger dan Nigeria yaitu wilayah yang terdapat markas Boko Haram selama tiga minggu.

Selain itu, militer Amerika Serikat (AS) juga rencananya akan turut bergabung dalam latihan untuk melawan kelompok yang telah menculik lebih dari 200 gadis di Afrika itu. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat pasukan Afrika dalam menghadapi konflik yang berkepanjangan tersebut.

Perwakilan Departemen Pertahanan Australia menyebut, latihan ini merupakan latihan kedua yang dilakukan militer Australia di Afrika dan dinamai dengan Operasi Flintlock.

"Operasi Fintlock adalah pelatihan khusus yang diarahkan untuk membangun interoperabilitas antara negara-negara mitra Afrika yang dirancang untuk memperkuat kemampuan negara-negara mitra utama di kawasan tersebut. Dan untuk melindungi perbatasan mereka serta memberikan keamanan bagi rakyat mereka," ujarnya sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Selasa (16/5/2017).

Sebagaimana diketahui, sejak 2014 tercatat kelompok militan Boko Haram telah menculik sebanyak 276 gadis usia sekolah di Timur Laut Nigeria. Beberapa waktu lalu, Boko Haram melepaskan 82 sandera yang diculik dari Kota Chibok sejak 2014. Setidaknya sekira 20 ribu orang tewas terbunuh dan 2,6 juta lainnya kehilangan rumah mereka akibat ulah Boko Haram. (*)

BERITA REKOMENDASI