Lawan Deforestasi, Kementerian LHK Raih Rp 7 Triliun dari Inggris

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah Inggris memberikan Rp 7 triliun kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tujuannya untuk membantu melawan deforestasi dan ilegal logging.

Dubes Owen Jenkins juga menyempatkan berkunjung paviliun COP26 yang berada di kantor KLHK pada Kamis (4/11/2021). Ia menyambut baik kerja sama kedua negara bidang lingkungan, kehutanan dan tata guna lahan selama dua dekade.

“Inggris menghargai dan berterima kasih atas kerja sama jangka panjang kami dengan Indonesia, dan kami berharap dapat mempertahankannya selama dekade mendatang, yang didukung oleh program baru senilai 350 juta pound sterling (Rp 7 triliun) yang kami umumkan minggu ini”, ujar Dubes Owen dalam pernyataan resmi, Jumat (5/11/2021).

Pihak kedutaan berkata Inggris ingin terus bekerja sama dengan Indonesia untuk meningkatkan mata pencaharian, mempromosikan perdagangan kayu dan produk yang legal dan berkelanjutan, serta melindungi warisan alam Indonesia yang luar biasa.

Paket investasi sebesar Rp 7 triliun ini diterima KLHK meski Menteri Siti Nurbaya Bakar baru-baru ini protes istilah deforestasi. Ia protes hal itu ketika sedang berada di Glasgow, lokasi acara iklim COP26.

“Pembangunan besar-besaran era Presiden Jokowi tidak boleh berhenti atas nama emisi karbon atau atas nama deforestasi,” jelas Siti Nurbaya di media sosial.

Ucapan tersebut panen kritikan luas dari netizen. Greenpeace juga menyebut Menteri Siti membenturkan ekonomi dengan masalah eksploitasi lingkungan.

BERITA REKOMENDASI