Le Pen Komplain Sampaikan Protes

Editor: Ivan Aditya

PRANCIS, KRJOGJA.com – Partai Front Nasional yang mengusung kandidat presiden Perancis, Marine Le Pen, mengajukan komplain pada komisi pemilihan umum bahwa pemilih di sejumlah daerah menerima paket informasi pemilu dan mock-up kartu suara atas nama Le Pen rusak.

Paket informasi tersebut disebar ke seluruh pemilih Perancis dalam pemiihan yang berlangsung Minggu. Di dalamnya terdapat visi misi partai dan mock-up kartu suara dengan mencantumkan nama masing-masing kandidat presiden.

Pada Minggu, Perancis akan menghadapi masa pemilihan presiden penting ketika Le Pen menghadapi saingannya wakil independen Emmanuel Macron. Keduanya memiliki pandangan berbeda akan Eropa dan Perancis di mata dunia.

"Sejumlah warga menerima paket informasi seputar pemilu, dan dua contoh kartu suara di mana nama kandidat kami rusak, sementara lawan kami Macron utuh, baik-baik saja," ungkap David Rachline, ketua kampanye Le Pen, dalam pernyataan resmi seperti dilansir dari Reuters.

Rachline menyebutkan ada sekitar tujuh kawasan yang mendapatkan paket informasi rusak tersebut. Tidak hanya keberatan dengan insiden itu, ia lebih jauh juga keberatan ketika sejumlah walikota menyurati para pemilih dengan memilih menggunakan atribut tertentu, yang justru melawan aturan pemilihan. (*)

BERITA REKOMENDASI