Liga Arab Kecam Perpindahkan Perwakilan Brasil ke Yerusalem

Editor: Ivan Aditya

ARAB, KRJOGJA.com – Liga Arab mengecam tindakan Brasil yang baru meresmikan kantor dagang untuk Israel di Yerusalem. Kantor tersebut diresmikan sebagai langkah awal pemindahan kedutaan besarnya untuk Israel di Tel Aviv ke Yerusalem.

Dalam rapat darurat yang digelar atas permintaan Palestina, Liga Arab menganggap keputusan sepihak dan ilegal Brasil untuk membuka kantor dagang di Yerusalem merupakan sikap bias terhadap pemukiman Israel.

"Langkah Brasil itu sama seperti mendukung kebijakan Israel yang ilegal. Brasil akan secara serius merusak relasi dan kepentingan negara Arab-Brasil," kata Liga Arab melalui pernyataannya.

Brasil meresmikan kantor dagang untuk Israel di Yerusalem pada akhir pekan lalu. Anak Presiden Jair Bolsonaro, Eduardo, langsung bertandang ke Israel untuk meresmikan kantor tersebut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahkan turut hadir dalam upacara peresmian itu. Eduardo Bolsonaro yang menjabat sebagai Ketua Komite Urusan Internasional dan Pertahanan Nasional Parlemen Brasil, menuturkan pembukaan kantor dagang ini menunjukkan bahwa sang ayah ingin memenuhi janjinya di awal 2019 terkait pemindahan kedubes Brasil ke Yerusalem. (*)

 

BERITA REKOMENDASI