Lithuania Beli Sistem Pertahanan Udara

Editor: Ivan Aditya

LITHUANIA (KRjogja.com) – Lithuania akan berinvestasi jutaan dolar untuk membeli sistem pertahanan rudal. Hal itu dilakukan ditengah kekhawatiran atas potensi agresi dari Rusia. Hal itu ditegaskan Kementerian pertahanan Lithuania telah menegaskan hal itu saat mencapai kesepakatan terkait penyebaran sistem pertahanan rudal NASAMS buatan Norwegia. Lithuania juga mengklaim, dalam seminggu terakhir, telah tujuh kali meminta bantuan pesawat militer NATO untuk mengawal pesawat Rusia di Laut Baltik.

Negara-negara Baltik menyimpan kekhawatiran jika mereka tidak akan mampu meladeni serangan pasukan Rusia terutama dari udara. Mereka merasa risau atas kurangnya sistem pertahanan untuk menangkis serangan rudal jarak menengah. Untuk itu, sistem pertahanan anti rudal NASAMS berbaris di sisi timur NATO. Sistem rudal akan membantu pertahanan di Estonia, Latvia, dan Lithuania dari invasi apa pun di masa depan.

“Kurangnya sistem pertahanan udara meningkatkan kemungkinan suksesnya sebuah serangan sekejap dengan kekuatan yang terbatas. Kekuatan militer kami sangat penting untuk pencegahan,” kata pensiunan militer Lithuania, Ignas Stankovicius.

Rusia ditengarai akan menginvasi negara-negara Baltik yang dipicu aneksasi Crimea dari Ukraina. Namun pemerintah Rusia telah berulang kali membantah ingin menyerang salah satu dari tiga negara bagian dan menuduh NATO mengganggu keseimbangan Eropa Timur. (*)

BERITA REKOMENDASI