Lloyd Austin Bakal Jadi Menhan Kulit Hitam Pertama di Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Senat Amerika Serikat menyetujui penunjukan Lloyd Austin sebagai Menteri Pertahanan kabinet Presiden Joe Biden. Persetujuan ini membuat Austin menjadi menteri pertahanan berkulit hitam keturunan Amerika-Afrika pertama di AS.

Persetujuan Senat AS berasal dari hasil pemungutan suara di mana 93 suara menyetujui penunjukan Austin. Sementara dua suara lagi dinyatakan tidak sah, yaitu dari anggota Partai Republik Mike Lee dari Utah dan Josh Hawley dari Missouri.

Persetujuan Senat AS terhadap Austin sekaligus menggugurkan ketentuan bahwa Austin harus menunggu tujuh tahun agar bisa mengemban tugas menjadi menteri pertahanan. Sebab, UU AS menyatakan demikian, sementara Austin baru pensiun pada 2016 lalu.

Sebelumnya, DPR AS sudah menyetujui pengguguran aturan itu, sehingga Austin tetap disetujui menjadi menteri pertahanan. Petinggi Senat AS dari Partai Republik Mitch McConnell pun akhirnya turut mengamini restu dari DPR.

“Kontrol sipil atas militer adalah prinsip fundamental republik kami. Kami dengan tegas tidak ingin dinas militer berpangkat tinggi menjadi prasyarat diam-diam untuk jabatan kepemimpinan sipil di Departemen Pertahanan,” kata McConnell. (*)

BERITA REKOMENDASI