Longsor Di China, 141 Tewas

XINMO, KRJOGJA.com – Warga desa Xinmo, Provinsi Sichuan, China, dikejutkan dengan bencana tanah longsor yang terjadi sekira pukul 06.00 waktu setempat. Lebih dari 46 rumah di desa yang berada di wilayah pegunungan tersebut, terkubur di dalam timbunan tanah.

Menurut laporan media setempat, sejauh ini baru tiga orang penyintas yang berhasil ditarik dari timbunan tanah. Sebanyak 141 orang lainnya dilaporkan hilang dalam timbunan. Presiden China Xi Jinping memerintahkan otoritas setempat untuk meningkatkan operasi pencarian korban.

Seperti dimuat Reuters, Sabtu (24/6/2017), tim SAR hingga siang waktu setempat hanya berhasil menyelamatkan sepasang suami istri beserta bayi berusia dua bulan. Estimasi korban hilang dilaporkan oleh tim SAR dari otoritas setempat.

Tanah longsor menyebabkan aliran sungai terdekat tertutup sepanjang 2 kilometer (km). Jalanan sepanjang 1,6 km menuju lokasi juga terhalang timbunan tanah.

Warga desa dan tim SAR bahu-membahu mencari korban di antara timbunan tanah bercampur lumpur dan batu. Kantor berita China, Xinhua melaporkan, sedikitnya 400 orang terlibat dan enam unit ambulans terlibat dalam operasi pencarian korban. (*)

BERITA REKOMENDASI