Lukisan Karya David Hockney Terjual Rp1,3 T

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Lukisan mahakarya ciptaan seniman legendaris Inggris David Hockney yang menggambarkan adegan di kolam renang telah terjual sebesar US$90,3 juta atau sekitar Rp1,3 triliun. Karya tersebut terjual dalam sebuah lelang yang diadakan  di New York. Capaian nilai tersebut menjadi rekor baru bagi Hockney.

Lukisan yang berjudul Potrait of an Artist (Pool with Two Figures) tersebut ludes terjual dalam lelang yang berlangsung selama sembilan menit dan didominasi oleh pembeli melalui sambungan telepon.

Catatan rekor terbaru ini jauh mengungguli rekor penjualan sebelumnya milik seniman asal Amerika, Jeff Koons. Karya Koons, Balloon Dog (Orange) terjual sebesar US$58,4 juta di balai lelang Christie's pada 2013 lalu.

Penjualan karya Hockney ini mendapatkan tepuk tangan meriah oleh para undangan yang hadir di balai lelang Christie's, terutama saat harga lelang menembus US$80 juta. Perebutan lukisan tersebut kemudian berakhir dengan angka pemenang US$90.312.500.

Angka penjualan tersebut terbilang mengherankan mengingat Hockney pernah mengatakan bahwa lukisan itu pada awalnya hanya dijual sebesar US$20 ribu oleh pihak ketiga pada 1972. Hockney mengatakan bahwa jumlah tersebut pada kala itu adalah uang yang berlimpah. Namun ia tak menyangka bahwa ketika dijual lagi, harga lukisannya melonjak menjadi US$50 ribu. (*)

BERITA REKOMENDASI