Maduro Menangkan Pemilu Venezuela

Editor: Ivan Aditya

VENEZUELA, KRJOGJA.com – Dewan pemilihan umum menyatakan Presiden Venezuela Nicolas Maduro sebagai pemenang, Minggu (20/05/2018). Walau demikian, pemungutan suara dianggap kontroversial dan pihak oposisi menyebutnya tidak sah karena banyak kejanggalan.

Angka kehadiran pemilih dilaporkan hanya mencapai 46,1 persen karena pihak oposisi arus tengah menggelar boykot. Angka yang diungkap oleh dewan pemilu itu jauh lebih rendah dari pemungutan suara terakhir pada 2013, yakni 80 persen.

Saat hasil diumumkan, para pendukung Maduro menyalakan kembang api di permukiman miskin Caracas dan menari dengan iringan musik pop Latin di sekitara istana kepresidenan Miraflores. Dewan pemilu menyatakan Maduro mendapatkan 5,8 juta suara, sementara pesaing terdekatnya, Henri Falcon, hanya mendapatkan 1,8 juta.

Falcon menyatakan dirinya tak akan mendukung hasil pemilu karena banyak sekali kejanggalan yang dilakukan pemerintah. "Prosesnya tak dapat dipungkiri tidak sah dan dengan ndemikian kami tak mengakuinya," kata mantan gubernur itu, sebelum hasil pemilu diumumkan. (*)

BERITA REKOMENDASI