Maduro Usir Dubes Uni Eropa

Editor: Ivan Aditya

VENEZUELA, KRJOGJA.com – Presiden Venezuela Nicolas Maduro memerintahkan duta besar Uni Eropa, Isabel Brilhante Pedrosato untuk meninggalkan negara itu dalam tempo 72 jam. Pengusiran ini dilakukan setelah Uni Eropa mengumumkan sanksi terhadap 11 pejabat Venezuela, termasuk anggota parlemen, seorang hakim, dan kepala militer senior yang merupakan pendukung setia Maduro.

“Jika mereka tidak bisa menghormati Venezuela, maka mereka harus meninggalkannya. Mereka (Uni Eropa) menganggap boneka (Juan Guaido) sebagai presiden,” kata Maduro.

Madura mengatakan jika pihaknya telah menyiapkan sebuah pesawat untuk mengantarkan Pedrosato meninggalkan Venezuela kendati ruang udara negara tertutup untuk penerbangan komersial di tengah aturan penguncian wilayah (lockdown).

Hubungan antara Venezuela dengan Uni Eropa telah tegang sejak 2017 lalu. Venezuela menjadi negara Amerika Latin pertama yang menerima sanksi dari Uni Eropa, termasuk embargo senjata.

Sanksi tersebut dijatuhkan karena mereka bertindak melawan Majelis Nasional, yang didominasi oleh oposisi. Mereka yang terkena sanksi diakui oleh pemerintah Maduro tetapi tidak diakui oleh anggota Majelis. (*)

BERITA REKOMENDASI