Mahathir Bentuk Tim Khusus

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Perdana Menteri Mahathir Mohamad membentuk tim khusus untuk menyelidiki individu yang diduga terlibat dalam tindak pidana dalam kasus lembaga investasi negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

"PM sepakat membentuk satu Satuan Tugas 1MDB untuk menjalankan penyelidikan terperinci terkait kasus 1MDB, mendeteksi dan menyita aset, serta pendakwaan terhadap individu yang melakukan tindak pidana dalam pengurusan 1MDB," demikian bunyi siaran pers.

Anggota satgas ini adalah gabungan dari Komisi Pencegahan Korupsi Malaysia (SPRM), Kejaksaan Agung, kepolisian, dan Bank Negara Malaysia, serta sejumlah pejabat pakar dalam perkara ini.

Menurut Kantor PM Malaysia, satgas ini bertanggung jawab atas penyelarasan seluruh aspek penyelidikan, mendeteksi keuangan dan penyitaan aset yang merupakan bagian dari penyelewengan dana 1MDB di luar negeri.

"Satuan tugas ini juga bertanggung jawab menjalin kerja sama dengan berbagai badan dan aparat Amerika Serikat, Swiss, Singapura, Kanada, dan negara lain yang berkaitan," tulis Kantor PM Malaysia.

Selama ini, sejumlah pihak menggelar penyelidikan khusus karena investor global dari 10 negara menduga ada miliaran dolar dijarah melalui 1MDB. Kasus ini menjadi perhatian luas setelah Wall Street Journal melaporkan bahwa ada aliran dana sebesar US$681 juta dari 1MDB masuk ke rekening pribadi Najib. (*)

BERITA REKOMENDASI