Majelis Islam Thailand Larang Pernikahan Anak di Bawah 17 Tahun

BANGKOK, KRJOGJA.com  – Majelis Agama Islam Thailand untuk pertama kalinya mengeluarkan larangan pernikahan anak-anak yang berlaku untuk seluruh negeri pada Jumat. Larangan itu diumumkan menyusul kemarahan publik terkait perkawinan seorang gadis berusia 11 tahun dengan seorang pria yang berusia empat kali lipat pengantinnya pada awal tahun ini.

Peraturan baru dari Dewan Islam Pusat Thailand (CICOT) melarang anak-anak di bawah usia 17 tahun untuk menikah. Demikian dilaporkan Straits Times, Jumat (14/12/2018).

Direktur pusat koordinasi untuk Kantor Sheikhul Islam sekaligus anggota senior CICOT, Wisut Binlateh mengatakan bahwa aturan baru itu diumumkan di seluruh masjid di seluruh negeri. Dia mengatakan bahwa aturan baru itu telah disetujui oleh pemimpin utama Islam Thailand dan Pimpinan CIDOT, Aziz Phitakkumpon pada November.

Peraturan baru itu memastikan masjid-masjid setempat tidak dapat memberikan izin untuk pernikahan yang melibatkan siapa pun yang berusia di bawah 17 tahun kecuali pengadilan Islam memberikan izin atau orang tua menandatangani dokumen yang menyetujui pernikahan di kantor panitia Islam provinsi atau di kantor polisi setempat. (*)

BERITA REKOMENDASI